Minggu, 02 April 2017

proposal usaha keripik talas



PROPOSAL BISNIS
KERIPIK TALAS KAYA RASA
 Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Dr. Drs. Sukirman S.Pd. SH. MM




 



Disusun Oleh :
MANAJEMEN IV D
DEFTENDY ROYNALDO             (201511316)

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2017

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan proposal  bisnis yang berjudul “Keripik Talas Kaya Rasa”  mata kuliah Kewirausahaan ini tanpa hambatan berarti.

Penyusun mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen mata kuliah Kewirausahaan yang telah memberikan bimbingan dan pengajaran. Terima kasih penyusun sampaikan kepada teman-teman yang selama ini mensuport dari awal hingga akhir proses proposal bisnis ini, serta kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam proses penyelesaian proposal bisnis ini.

Kemampuan maksimal dan usaha yang keras telah dicurahkan dalam menyelesaikan prposal bisnis ini. Semoga usaha yang telah dilakukan tidak sia-sia dan mendapatkan hasil yang baik.

Akhirnya, penyusun menyadari bahwa proposal bisnis yang telah disusun ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun baik lisan maupun tulisan sangat diharapkan.





Kudus,   Maret 2017

Penyusun





ABSTRAKSI

PROPOSAL BISNIS : KERIPIK TALAS KAYA RASA

Oleh :
Deftendy Roynaldo
201511316

Keripik talas kaya rasa merupakan usaha kelompok yang masuk dalam industri kuliner dan bergerak dalam bidang penyedia makalan camilan. Usaha ini merupakan salah satu wadah kreativitas mahasiswa yang mempunyai satu keahlian hal makanan khususnya talas yang dituangkan menjadi lapangan kerja. Karena usaha ini termasuk dalam industri kuliner, dalam usaha ini sangatlah mengutamakan tingkat kekreatifan dan kebersihan maknan tersebut terjaga, hal itu dikarenakan tingkat kepuasan pelanggan dalam terhadap permintaan merupakan kunci keberhasilan ini. Keripik talas yang ditawarkan merupakan keripik yang sudah menggunakan teknologi yang cukup baik meskipun masih terdapat kekurangan disana-sini. Sehingga hasil produk keripik talas kaya rasa memiliki hasil yang baik dan bergizi. Perkembangan industri kuliner dewasa ini sangatlah pesat seiring dengan berkembangnya teknologi. Semua masyarakat pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Target market dan market shared yang menjanjikan inilah yang mendasari saya untuk mendirikan usaha Keripik Talas Kaya Rasa. Dengan promosi melalui brosur, mulut ke mulut serta yang paling intensif sekarang ini melalui sosial media. Sosial media pada era saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang keeksisan dan pengenalan suatu produk. Selain itu melakukan diversifikasi produk harga yang dapat bersaing dengan produk lain serta tempat yang strategis membuat nilai positif  dalam perkembangan usaha ini. Dengan faktor pendukung yang sudah ada dan ditunjang dengan keuangan yang memadai, usaha ini diharap nantinya memiliki potensi yang sangat menjanjikan dan dapat tumbuh serta berkembang dengan baik.



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR......................................................................... i
ABSTRAKSI......................................................................................... ii
DAFTAR ISI......................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN..................................................................... 1
A.    Latar Belakang............................................................................ 1
B.     Konsep Usaha............................................................................. 2
C.    Visi Misi...................................................................................... 2
BAB II PROFIL PERUSAHAAN...................................................... 3
BAB III STRUKTUR ORGANISASI................................................ 4
A.    Pemilik Usaha.............................................................................. 4
B.     Kualifikasi Ketrampilan dan Pendidikan.................................... 4
C.    Jumlah Karyawan........................................................................ 4
BAB IV PRODUK USAHA................................................................. 5
A.    Jenis dan Macam produk............................................................. 5
B.     Peralatan Yang Dibutuhkan........................................................ 6
C.    Bahan Yang Digunakan.............................................................. 7
D.    Proses Pembuatan........................................................................ 7
E.     Keunggulan produk..................................................................... 10
BAB V ASPEK PEMASARAN.......................................................... 11
A.    Peluang Usaha............................................................................. 11
B.     Rencana Pencapaian.................................................................... 12
C.    Target dan Segmentasi Pasar....................................................... 12
D.    Promosi dan pemasaran............................................................... 13
E.     Luaran Yang Diharapkan............................................................ 13
F.     Kegunaan ................................................................................... 13
G.    Rencana Penjualan...................................................................... 13

BAB VI RENCANA KEUANGAN.................................................... 16
A.    Analisis Rencana Keuangan....................................................... 16
B.     Sumber Modal............................................................................ 17
BAB VII PENUTUP............................................................................. 18
A.    Kesimpulan.................................................................................. 18
LAMPIRAN.......................................................................................... 19


















BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Rendahnya hasil produktivitas pertanian dalam penanaman talas di Desa Colo Kabupaten Kudus mengakibatkan banyak masyarakat yang mengeluh akibat penghasilan yang tak sepadan dengan modal penanaman. Hal ini disebabkan karena masyarakat masih belum bisa mengembangkan kreativitasnya sehinggga talas hanya dijual mentah dan matang yang berupa talas rebus begitu saja dengan harga yang rendah. Ini disebabkan oleh pengetahuan masyarakat yang kurang dan serba terbatas.
Dengan itu saya sangat ingin sekali bisa membantu meningkatkan produktivitas pengolahan talas tersebut, tentunya untuk kemakmuran bersama sehingga masyarakat merasa puas dengan penghasilan panennya. Oleh karena itu saya ingin sekali membuat suatu kreativitas yang dapat membuat pengolahan talas menjadi lebih meningkat harga penjualannya, saya terinspirasi untuk membuat “Keripik Talas Kaya Rasa (Kriplas Kasa)”.
Cemilan keripik talas akan banyak diminati oleh masyarakat jika keripiknya diolah dengan berbagai keunikan dengan mengutamakan rasa, kualitas dan kekhasan makanan tersebut. Dengan demikian meningkatnya kreativitas olahan talas dapat meningkatkan hasil produktivitas masyarakat Desa Colo Kabupaten Kudus.
Usaha pembuatan keripik talas ini dipilih karena keripik dikenal sebagai makanan fungsional, sebagai makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan bergizi tinggi, makanan atau yang biasa disebut cemilan ini merupakan hasil ekstraksi dari talas yang di olah dengan beberapa bahan pilihan yang kemudian ditaburi dengan bumbu penyedap ini sangat baik untuk kesehatan terutama karena kandungan karbohidrat yang berfungsi sebagai bahan pengenyang, yang berujung sebagai penambah asupan energy yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas.
Untuk itu produk ini tampaknya perlu diperhitungkan dalam menyusun pola menu sehari-hari bagi insan yang memperhatikan kesehatan. Oleh  karena itu prospek usaha pengolahan hasil dari pertanian ini menjadi sebuah cemilan yang cukup menjanjikan. Selain itu tingginya harga beberapa jenis cemilan sejenis keripik menjadi peluang/ prospek usaha dengan menjadikan keripik talas menjadi barang substitusi makanan ringan yang banyak mengandung lemak jahat yang berujung pada kegemukan dan pada akhirnya terkena kolesterol.
Factor lain yang menjadikan usaha keripik talas prospektif adalah mudah dalam pembuatannya. Dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak diperlukannya keterampilan khusus, siapapun dapat melakukan pengolahan talas menjadi cemilan keripik yang renyah dan gurih.
B.     KONSEP USAHA
Usaha yang ingin saya rencanakan dan ingin saya realisasikan ini adalah sebuah usaha yang bergerak dibidang kuliner yaitu bahan dasarnya menggunakan talas. Usaha ini termasuk dalam industri makanan, dalam usaha ini sangatlah mengutamakan rasa dan kandungan dalam talas itu tersendiri, hal itu dikarenakan tingkat kepuasan dalam terhadap permintaan para pelanggan merupakan kunci keberhasilan usaha ini. Keripik talas yang saya tawarkan keripik talas yang sudah melalui beberapa inivasi yaitu mengenai beberapa varian rasa yang menjadi unggulan yang saya tawarkan. Sehingga produk keripik talas kaya rasa yang saya tawarkan berbeda dengan produk-produk kripik talas pada umumnya.

C.     VISI MISI
Visi
memperkenalkan dan mempertahankan kualitas produk makanan indonesia “kripik talas” yang mampu menjadi makanan yang berkualitas menarik dan diterima oleh kalangan masyarakat sebagai makanan cepat saji atau cemilan.
Misi
adapun misi yang saya terapkan adalah
1.      memperkenalkan produk pada masyarakat luas
2.      memberikan kepuasaan pada pelanggan
3.      memanfaatkan bahan baku utama talas sehingga menjadi makanan yang berkualitas
4.      mencari keuntungan dari modal yang kecil
5.      selain ingin mendapatkan keuntunga saya ingin mendapatkan berkah dalam usaha ini. Di balik “berbisnis juga beramal”




                                    BAB II PROFIL PERUSAHAAN

NAMA PERUSAHAAN : KERIPIK TALAS KAYA RASA
Jenis usaha : Usaha bidang kuliner
LOKASI PERUSAHAAN : Keripik talas kaya rasa berlokasi di desa Mlati Lor RT. 03 RW. 03 Kec. Kota Kab. Kudus Kode Pos 59319


















BAB III STRUKTUR ORGANISASI

A.    PEMILIK USAHA
Usaha keripik talas kaya rasa ini didirikan dan dimiliki oleh Deftendy Roynaldo, mahasiswa semester IV Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus.

B.     KUALIFIKASI KETRAMPILAN DAN PENDIDIKAN
Dalam kualifikasi ketrampilan dan pendidikan, saya selaku pemilik menerapkan standart persyaratan kerja di perusahaan keripik talas kaya rasa ini, yaitu :
·         Pria/Wanita
·         Pendidikan minimum SMA/SMK, dengan keahlian/bakat/jurusan yang mengerti tentang makanan dan mesin operasional. Dengan rata-rata nilai ijazah minimum 8.0
·         Dapat mengoperasikan komputer
·         Berpenampilan menarik, mempunyai etos kerja yang tinggi, kreativ dan berinovasi.
·         Usia minimal 18 Tahun, maksimal 50 Tahun

C.     JUMLAH KARYAWAN
Dalam usaha ini untuk awal pendirian sekiranya membutuhkan kurang lebih 2 orang karyawan, dan untuk kedepannya saya berharap makin banyak karyawan yang bergabung dalam perusahaan yang saya dirikan yaitu Keripik Talas Kaya Rasa. Untuk Job Descriptionsnya meliputi bagian kasir/pelayan customers, bagian pembuatan keripik talas kaya rasa.

1.      Bagian Kasir/Pelayan Customers
Nama Karyawan : Deftendy Roynaldo
2.      Bagian pembuatan
Nama Karyawan : Deftendy Roynaldo dan Abdul Jalil





BAB IV PRODUK USAHA

A.    JENIS DAN MACAM PRODUK
Jenis atau macam produk yang dihasilkan oleh Keripik Talas kaya Rasa meliputi :
1.      Keripik talas rasa original
2.      Keripik talas rasa balado
3.      Keripik talas rasa keju
4.      Keripik talas rasa jagung bakar
5.      Keripik talas rasa extra pedas

1.      TALAS (Colocasia esculenta (L.) Schott )
               Talas merupakan tanaman pangan berupa herba menahun. Talas termasuk dalam suku talas-talasan (Araceae), berperawakan tegak, tingginya 1 cm atau lebih dan merupakan tanaman semusim atau sepanjang tahun. Asal mula tanaman ini berasal dari daerah Asia Tenggara, menyebar ke China dalam abad pertama, ke Jepang, ke daerah Asia Tenggara lainnya dan ke beberapa pulau di Samudra Pasifik, terbawa oleh migrasi penduduk. Di Indonesia talas bisa di jumpai hampir di seluruh kepulauan dan tersebar dari tepi pantai sampai pegunungan di atas 1000 m dpl., baik liar maupun di tanam.
               Di Indonesia, talas dikonsumsi sebagai makanan pokok dan makanan tambahan. Talas mengandung karbohidrat yang tinggi, protein, lemak dan vitamin.
               Talas mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. Umbi, pelepah dan daunnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat maupun pembungkus. Daun, sisa umbi dan kulit umbi dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan ikan secara langsung maupun setelah difermentasi. Tanaman ini mempunyai keterkaitan dengan pemanfaatan lingkungan dan penghijauan karena mampu tumbuh di lahan yang agak berair sampai lahan kering.
2.      UMBI TALAS
               Umbi Talas berbentuk silinder atau lonjong sampai agak bulat. Kulitnya  berwarna kemerahan, bertekstur kasar dan terdapat bekas-bekas pertumbuhan akar. Sedangkan warna dagingya putih keruh. Kandungan kimia dalam talas dipengaruhi oleh varietas, iklim, kesuburan tanah, dan umur panen. Umbi talas segar sebagian besar terdiri dari air dan karbohidrat. Kandungan gizi yang terdapat pada 100 gram umbi talas terdapat dalam tabel berikut :
Tabel 1. Kandungan gizi talas
Kandungan gizi          Talas mentah          Talas rebus
Energi (kal)                      120                     108
Protein (g)                        1,5                      1,4
Lemak (g)                        0,3                       0,4
Hidrat arang total (g)        28,2                    25,0
Serat (g)                          0,7                       0,9
Abu (g)                           0,8                       0,8
Kalsium (mg)                   31                        47
Fosfor (mg)                      67                        67
Besi (mg)                        0,7                       0,7
Karoten total                     0                          0
Vitamin B1 (mg)             0,05                      0,06
Vitamin C (mg)                 2                          4
Air (g)                            69,2                     72,4
Bagian yang dimakan (%)  85                       100
Sumber : Slamet D.S dan Ig.Tarkotjo (1980), majalah gizi dan makanan jilid 4, hal 26, Pusat   Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Depkes RI.
               Umbi Talas mengandung banyak senyawa kimia yang dihasilkan dari metabolisme sekunder seperti alkaloid, glikosida, saponin, essensial oil, resin, gula dan asam-asam organik. Umbi talas mengandung pati yang mudah dicerna kira-kira sebanyak 18,2% dan sukrosa serta gula pereduksinya 1,42%.
3.      KERIPIK TALAS
Keripik merupakan salah satu makanan ringan yang memiliki peminat yang banyak. Hampir semua orang mengenal dan menyukai keripik.


B.       PERALATAN YANG DIBUTUHKAN

Keripik merupakan salah satu makanan ringan yang memiliki peminat yang banyak. Hampir semua orang mengenal dan menyukai keripik. Adapun alat dan bahan serta cara pembuatan keripik talas adalah sebagai berikut : 
Peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan keripik talas adalah kompor, kuali/penggorengan, saringan air, saringan penggorengan, pengaduk, sendok, baskom, pisau, lap, terpal, plastik, parutan/kukuran.



C.   BAHAN YANG DIGUNAKAN

·         Umbi talas 5 kg
·         Minyak goreng 1 kg
·         bumbu aneka rasa
.         Garam secukupnya.

D.   PROSES PEMBUATAN

Proses dan Tahapan Produksi serta Operasi

·         Menyiapkan alat dan bahan.
·         Mengupas kulit umbi talas kemudian mencucinya hingga bersih dan direndam dengan air yang ditambahkan garam dapur (NaCl) selama 30 menit agar rasa gatal dari umbi talas dapat dihilangkan kemudian ditiriskan.
·         Umbi talas yang sudah ditiriskan kemudian diparut berbentuk lonjong/bundar dengan menggunakan parutan/kukuran.
·         Kemudian hasil parutan tersebut di taruh di nampan dan kemudian dikeringkan di bawah pancaran sinar matahari kurang lebih selama 1 hari.
·         Setelah kering lalu diambil dan bisa langsung digoreng.
·         Setelah selesai digoreng lalu ditaburi bumbu dengan berbagai rasa.

g.     Metode Pelaksanaan
         Pelaksanaan kegiatan usaha dilakukan di rumah. Umbi talas sebagai  bahan baku dalam pembuatan keripik talas kaya rasa diperoleh dari petani talas. Dalam pemilihan bahan baku harus sangat diperhatikan agar kualitas produk dapat maksimal. Untuk itu perlu dilakukan seleksi terhadap talas yang akan digunakan dalam pembuatan keripik talas kaya rasa ini. Umbi talas yang dapat dijadikan sebagai bahan baku produk adalah umbi talas yang masih segar dan dagingnya berwarna putih keruh.




        
Langkah-langkah pelaksanaan program sebagai berikut :
a.      Persiapan bahan baku
         Adalah rangkaian kegiatan mulai dari pembelian bahan baku berupa umbi talas yang baik dan segar dari semua varietas talas yang aman dikonsumsi, didapat dari petani talas secara langsung. Selanjutnya bahan baku yang telah diperoleh kemudian disortasi untuk menghilangkan bahan baku yang dianggap kurang baik untuk diolah, misalnya terdapat cacat, busuk dan sebagainya.
b.      Pengolahan
         Tahapan ini merupakan  kegiatan mulai dari proses pengupasan bahan baku, pencucian, pengirisan, hingga bahan baku siap untuk dilakukan pengolahan .
c.      Pembuatan keripik talas kaya rasa
         Merupakan rangkaian proses pengolahan bahan mentah dari talas,  selanjutnya diolah menjadi keripik talas kaya rasa yang siap untuk dikonsumsi. Kemudian akan diadakan beberapa uji untuk membuktikan apakah keripik talas kaya rasa ini baik untuk dikonsumsi baik penelitian di laboratorium maupun menguji secara langsung kepada masyarakat sehingga akan diketahui respon masyarakat terhadap produk keripik talas kaya rasa ini.
d.     Paket Teknologi Produk dan Pengemasan
        Dilakukan untuk mengetahui tentang teknologi produk yang dihasilkan, perkiraan daya simpan produk yang dihasilkan dan teknologi pengemasan yang sesuai dengan produk guna mempertahankan mutu dan kualitas produk. Teori yang diberikan berkaitan dengan sifat fisik dan karakteristik bahan, pengetahuan tentang pengemasan dan labeling produk.


1.      Rencana persiapan pelaksanaan
Rencana pelaksanaan yaitu reaktualisasi potensi dan masalah, persiapan komunikasi dan konsolidasi tim serta menghubungi mitra usaha. Lama waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan ini adalah kurang lebih satu bulan.




2.      Reaktualisasi Potensi dan Pesaing
Selang waktu antara usulan kegiatan, maka diperlukan data aktual tentang potensi dan pesaing yang ada di Kudus yang menjalankan bisnis yang sama dibidang kuliner yang bahan bakunya talas.

3.      Persiapan Administrasi, Peralatan dan Komunikasi
Mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam kegiatan administrasi, produksi dan alat komunikasi.

4.      Menghubungi Mitra Usaha
Mitra usaha berasal dari mereka yang mempunyai bisnis yang berhubungan dengan usaha yang saya dirikan yaitu Keripik Talas Kaya Rasa (contohnya menjadi agen untuk penjualan produk-produk dari keripik talas kaya rasa)

5.      Promosi
Promosi awal dilakukan dengan pembuatan brosur dan menyebarkannya disekolahatau kampus dan pusat keramaian, serta melalui pesan singkat berantai dan disebarkan kepada kolega yang akhirnya menjadi iklan dari mulut ke mulut.

6.      Hasil Akhir Produksi
Produk keripik talas kaya rasa yang sudah jadi akan di distribusikan kepada warung-warung yang sudah berkenan menjadi agen dan bekerja sama dengan usaha yang saya dirikan yaitu keripik talas kaya rasa. Selanjutnya para agen dapat membayarkan produk yang laku terjual selama 2 minggu setelah produk dititipkan pada toko-toko tersebut.



7.      Evaluasi
Evaluasi dilakukan pada saat proses produksi selesai dan 2 minggu setelah pendistribusian produk kepada toko-toko dimana kita meminta masukan dan saran dari agen dan konsumen apa yang kurang dari produk keripik talas kaya rasa dan evaluasi menyeluruh dilakukan setiap 1 bulan sekali. Rangkaian evaluasi ini berupa hal-hal teknis yang masih kurang atau perlu diperbaiki lagi, dan evaluasi pelayanan pada pelanggan. Hal ini bentuk komitmen saya terhadap kepuasan pelanggan agar tetap memilih produk kripik talas kaya rasa sebagai pilihannya untuk camilan atau oleh-oleh.

E.     KEUNGGULAN PRODUK
Produk kripik talas kaya rasa yang saya tawarkan ini mempunyai suatu keunggulan, yaitu :

1.      Proses pengerjaan keripik talas menggunakan alat yang cukup canggih sehingga hasilnya lebih rapi dan inovatif dibandingkan dengan cara konvensional.
2.      Waktu pengerjaan relatif cepat dan mudah hal ini tentu membuat waktu produksi dan hasil menjadi efisien
3.      Produk kripik talas kaya rasa yang saya tawarkan terdapat beberapa varian rasa seperti barbeque, jagung bakar, extra pedas, keju dll.
4.      Harga per bungkusnya hanya Rp. 7500 konsumen sudah dapa menikmati kripik talaskaya rasa yang enak dan bergizi
5.      Pelanggan bisa komplain jikalau terdapat produk yang pas dan ada produk yang dirasa kurang di benak para konsumen mereka dapat komplain karena komplain dan masukan dari para pelanggan sangat penting untuk kemajuan usaha yang saya dirikan yaitu keripik talas kaya rasa.

















BAB V ASPEK PEMASARAN

A.    Peluang Usaha

Produk makanan berupa keripik telah banyak dikenal dan dikonsumsi masyarakat. Keripik disukai oleh masyarakat berbagai usia baik anak-anak maupun dewasa, karena rasanya yang enak, gurih dan renyah. Melalui inovasi berupa keripik talas aneka rasa yang mengandung gizi yang tinggi serta rasanya yang enak dan gurih diharapakan akan meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap keripik talas ini.
Talas yang berlimpah di Desa Colo ini memudahkan dalam pencarian bahan baku utama dari keripik talas aneka rasa ini. Selain itu harga bahan baku yang murah dan terjangkau karena dalam suatu usaha memiliki prinsip mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari modal yang sekecil-kecilnya. Jadi dengan bahan baku utama yang murah maka biaya produksi dapat diminimalisasi namun mendapat keuntungan yang maksimal. Kelayakan dalam suatua usaha, tidak terlepas dari berbagai faktor ketersediaan bahan baku, target konsumen, tingkat persaingan produk sejenis, dll.
Berikut adalah beberapa pertimbangan factor SWOT yang bisa ditemukan dalam menganalisis keberlangsungan usaha KERIPIK TALAS KAYA RASA (KILAS KASA). Dimana terdapat 4 faktor yang menjadi pertimbangan yaitu kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunity), ancaman (Threath) adalah sebagai berikut :

Tabel. Faktor SWOT usaha pembuatan kerupuk talas ebi.

FAKTOR SWOT                    Usaha pembuatan keripik talas kaya rasa

Kekuatan (Strength)               ·         Harga produk yang murah                                                                                ·         Bahan Baku yang melimpah                                                                             ·         Keunikan produk                                                                                                ·         Kesukaan konsumen akan produk                                                                    ·         Umur simpan Produk yang panjang
Kelemahan (Weakness)           ·         Kurangnya ipromosi                                                                             ·         Kemungkinan kemasan yang kurang menarik

Peluang (Opportunity)            ·         Kesempatan biaya produksi murah                                                                   ·         Peluang pasar di Bengkulu                                                                               ·         Kesempatan menguasai pasar
Ancaman (Threath)                 ·         Standarisasi mutu                                                                                             ·         Kemungkinan pesaing skala besar                                                                    ·         Perubahan selera masyarakat

B.           Rencana Pencapaian
         Perencanaan menajemen yang digunakan adalah general partnersip yaitu semua anggota ikut secara aktif mengoperasikan bisnis serta bersama-sama bertanggung jawab, termasuk tanggung jawab yang tak terbatas terhadap hutang-hutang bisnis. Namun dalam pelaksanaan teknis ada pembagian tugas masing-masing sesuai kesepakatan bersama. Selain itu akan diadakannya kerjasama dengan beberapa pedagang skala menengah ke bawah dan tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan pengusaha skala atas untuk membantu memasarkan produk keripik talas kaya rasa ini sehingga dapat dengan cepat dikenal dan diminati oleh masyarakat.
C.    TARGET DAN SEGMENTASI PASAR

Profil Target Konsumen
1. Masyarakat yang sedang berlibur di tempat wisata dimana masyarakat sedang berwisata pasti membutuhkan camilan untuk menikmati suasana wisata tersebut, apalagi keripik talas kaya rasa merupakan makanan ringan yang simpel untuk dibawa bepergian.
2. Pelajar sekolah/mahasiswa yang sedang mengadakan acara-acara sekolah/kampus tentu memerlukan snack untuk tamu dll.
3. Masyarakat umum tentu membutuhkan makanan ringan untuk sekedar ngobrol atau pada saat menonton tv.

Gambaran Umum Masyarakat Sasaran
         Adapun masyarakat yang akan dijadikan sasaran dalam pemasaran produk keripik talas kaya rasa ini adalah masyarakat yang ada di Kabupaten Kudus terutama pada daerah :
1. Masyarakat yang tersebar di sekitar kampus dan kompleks perumahan Universitas Muria Kudus.
2.      Mahasiswa dan dosen di kampus UMK.
3.      Warung-warung makanan yang tersebar di Kabupaten Kudus.
4.      Para pedagang makanan khas kota Kudus yang tersebar di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Kudus seperti pasar Jetak, pasar Kliwon, pasar Bitingan, dll.

D.    Promosi dan Pemasaran
      Setelah keempat paket kegiatan diatas selesai dilaksanakan maka akan dilakukan promosi dan pemasaran yang akan dilakukan dengan beberapa cara yaitu langsung dijual kepada konsumen dan toko-toko yang banyak dikenal masyarakat atau toko-toko yang telah berkompeten dalam bidang pendistribusian makanan serta langsung menuju masyarakat sasaran yang telah ditentukan.
E.     LUARAN YANG DIHARAPKAN
         Melalui kegiatan ini diharapkan, talas dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomisnya dengan dihasilkan barang komersial serta dapat menjadi salah satu peluang usaha yang memiliki prospek yang baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan.

F.     KEGUNAAN
Kegunaan diadakannya kegiatan program ini adalah untuk:
1.      Membangun jiwa wirausaha bagi mahasiswa, sehingga dapat melihat peluang dan memanfaatkannya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.
2.      Memanfaatkan talas sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.
3.      Membuka peluang usaha bagi masyarakat yang ingin menciptakan lapangan kerja.

G.    RENCANA PENJUALAN

1.      Tahap Promosi Produk
Media-media promosi produk ini yaitu melalui :

·         Selembaran/Brosur
Membuat selembaran untuk dibagikan di tempat-tempat yang biasanya dikunjungi masyarakat atau tempat keramaian seperti di sekitar kampus, di toko-toko fotocopy, Indomaret/Alfamart dan lain-lain, dengan cara memberikan penawaran berupa diskon untuk memperkenalkan hasil produksi.

·         Promosi Langsung (word of mouth)
Menggunakan teknik word of mouth (mulut ke mulut), pemberian dari teman ke teman yang lain mengenai usaha yang dijalankannya, minta referensi dari pelanggan yang biasanya mengkonsumsi produk yang serupa, serta dengan melakukan pendekatan melalui pengelola instansi atau sekolah serta memberikan berupa bonus bagi yang dapat memasarkan produk sesuai ketentuan.

·         Melalui Sosial Media atau Internet
Mengirim postingan/kiriman/memasang iklan di facebook, instagram serta di media lainnya mengenai jasa yang ditawarkan

2.      Target atau Rencana Pemasaran
Rencana penjualan selama 1 Tahun adalah terjualnya produk sebanyak-banyaknya. Adapun target saya menjadikan beberapa tahap pencapaiansetelah melihat segmen yang saya bidik :

a.       Triwulan pertama :
·                 Pendekatan ke organisasi kemahasiswaan dan kemasyarakatan
·                 Membangun brand Keripik Talas Kaya Rasa
·                 Promosi ke sekitar kampus

b.      Triwulan kedua dan ketiga :
·         Pendekatan ke instansi
·         Mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

c.       Triwulan keempat dan kelima :
·         Memperbaiki target triwulan pertama, kedua, ketiga dan meningkatkanna lagi.
·         Memperkuat brand Kripik Talas Kaya Rasa.
·         Pendekatan ke instansi dan perusahaan.
·         Mempertahankan pelanggan

d.      Triwulan keenam
·         Mempertahankan triwulan pertama sampai kelima dan meningkatkannya.
·         Mempertahankan pelanggan
·         Brand Keripik Talas Kaya Rasa benar-benar kuat di kawasan Kudus dan sekitarnya.
·         Persiapan modal untuk penambahan peralatan dan pegembangan usaha.

Adapun strategi yang ingin saya terapkan, yaitu :
A.    Diversifikasi Produk
Mencoba menghadirkan menghadirkan bisnis yang berbeda dengan bisnis-bisnis yang sudah ada sebelumnya, yaitu dengan melakukan inovasi melalui tampilan dan aneka rasa keripik talas yang tidak hanya kratif, tetapi juga enak rasanya dan bergizi yang memiliki nilai jual (ekslusif), inovasi dalam bagian pemesanan yang biasanya konsumen bingung mencari dimana produk tersebut dijual kini mereka dapat dengan mudah mendapatkan Kripik Talas Kaya Rasa di berbagai tempat. Dengan inovasi tersebut diharapkan Keripik Talas Kaya Rasa dapat dikenal masyarakat luas dan mempunyai prospek yang menjanjikan kedepan.

B.     Tempat
Memilih tempat-tempat yang strategis karena dikelilingi instansi-instansi, sekolah-sekolah, pusat keramaian, pertokoan dan cukup dekat dijangkau dengan permukiman masyarakat.

C.     Strategi Pelayanan
·         Melayani pesanan dan antar pesanan melalui sosmed seperti telepon/wa/email/direct message via sosmed.
·         Menyediakan kotak saran pada kantor atau outlet-outlet Keripik Talas Kaya Rasa hal itu bentuk komitmen saya bahwa pelayanan pada konsumen adalah yang utama
·         Memberikan diskon produk kepada konsumen (syarat dan ketentun berlaku)
·         Barang yang basi pada saat berada di toko-toko akan di retur, dengan begitu mitra usaha tidak kapok untuk diajak kerja sama.
·         Pembayaran toko-toko yang menjadi mitra usaha Keripik Talas Kaya Rasa bisa dilakukan secara langsung dengan datang Kantor Keripik Talas Kaya Rasa atau bisa juga melalui transfer.
·         Biaya rendah, strategi ini bukan mengurangi margin laba tetapi saya mencoba untuk mempertahankan pelanggan lama agar tidak berpindah ke produsen lain (mengikat pelanggan)



BAB VI RENCANA KEUANGAN

A. Analisis Rencana Keuangan
Dalam mengembangkan usaha di bidang kuliner Keripik Talas Kaya Rasa ini diperlukan berbagai mesin dan peralatan yang memadai dalam rangka menunjang keberlangsungan usaha, yaitu :

Modal Awal
Kebutuhan
Harga
Laptop
Umbi talas
Rp 10.000.000
Rp.     150.000
Mesin printer
Rp. 2.000.000
Minyak goreng
Rp.      15.000
Bumbu aneka rasa
Rp.   100.000
Kompor
Kuali
Pisau
Saringan air
Saringan penggorengan
Pengaduk
Sendok
Baskom
Sapu tangan
Terpal
Plastik
Parutan
Nampan
Rp.   250.000
Rp    100.000
Rp      25.000
Rp      15.000
Rp      20.000
Rp.     15.000
Rp.     35.000
Rp.     25.000
Rp.     15.000
Rp.    250.000
Rp.      15.000
Rp.      25.000
Rp.      25.000

Total
Rp. 13.100.000,-

·         Biaya operasional per bulan
Bahan baku (umbi talas dll) + ongkir                                        Rp.    675.000,-
Gaji pegawai                                                                              Rp.  1.250.000,-
Listrik                                                                                        Rp.      80.000,-
Tinta print                                                                                  Rp.    100.000,-
Transportasi                                                                               Rp.    100.000,-
Total                                                                                          Rp. 2.255.000,-
·         Omzet per bulan
Kripik talas        500 buah x Rp. 7.500,-                                   Rp. 3.750.000-
Total                                                                                          Rp. 3.750.000,-
·         Laba bersih per bulan
Rp3.750.000– Rp. 2.255.000,00                                                : Rp. 1.495.000,-
·         BEP
(Modal awal : Laba bersih per bulan) Rp. 13.100.000,- : Rp. 3.370.000,- = 1,5  bulan

B.     SUMBER MODAL
Sumber modal awal pendirian usaha ini yaitu dengan melakukan pinjaman pada Bank/Koperasi.















BAB VII PENUTUP


A.    KESIMPULAN

Keripik Talas Kaya Rasa merupakan usaha bisnis yang yang terpercaya dan berorientasi pada kepuasan konsumen dan permintaan pelanggan. Selain itu Keripik Talas Kaya Rasa juga selalu berpegang teguh pada visi misi yang tertera diatas, yang intinya Usaha yang saya dirikan yaitu Keripik Talas Kaya Rasa untuk menjadi usaha industri kuliner yang kreatif, inovatif, selalu up to date dan bonafide. Harapan saya dengan komitmen Keripik Talas Kaya Rasa itu sendiri ditambah peluang pasar yang selalu terbuka dan permintaan yang selalu meningkat, saya yakin bisnis ini dapat fleksibel dan selalu ikut andil dalam kemajuan industri kuliner di Indonesia dan menjadi penyumbang perekonomian di Indonesia.






















BAB VIII LAMPIRAN

A.  IDENTITAS KTP PEMILIK USAHA
     Gambar KTP :


B.     DENAH LOKASI KANTOR
Lokasi Kantor Kripik Talas Kaya Rasa :
              
C.    BAHAN-BAHAN YANG DIGUNAKAN :












A.    BROSUR KERIPIK TALAS KAYA RASA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH ANALISIS USAHA KECIL MENENGAH

MAKALAH ANALISIS USAHA KECIL MENENGAH “PABRIK JENANG HIDAYAH” Disusun Untuk Memenuhi Tugas Individu Mata Kuliah Kewirausahaan D...