PROPOSAL BISNIS
“KERIPIK TALAS KAYA RASA”
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Dr. Drs. Sukirman S.Pd. SH. MM
Disusun Oleh :
MANAJEMEN IV D
DEFTENDY ROYNALDO (201511316)
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2017
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah
memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan proposal bisnis yang berjudul “Keripik Talas Kaya
Rasa” mata kuliah Kewirausahaan ini tanpa
hambatan berarti.
Penyusun mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen mata kuliah Kewirausahaan yang telah memberikan bimbingan dan pengajaran. Terima kasih penyusun sampaikan kepada teman-teman yang selama ini mensuport dari awal hingga akhir proses proposal bisnis ini, serta kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam proses penyelesaian proposal bisnis ini.
Kemampuan maksimal dan usaha yang keras telah
dicurahkan dalam menyelesaikan prposal bisnis ini. Semoga usaha yang telah
dilakukan tidak sia-sia dan mendapatkan hasil yang baik.
Akhirnya, penyusun menyadari bahwa proposal bisnis yang telah disusun
ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat
membangun baik lisan maupun tulisan sangat diharapkan.
Kudus, Maret 2017
Penyusun
ABSTRAKSI
PROPOSAL BISNIS : KERIPIK TALAS KAYA RASA
Oleh :
Deftendy Roynaldo
201511316
Keripik talas kaya rasa
merupakan usaha kelompok yang masuk dalam industri kuliner dan bergerak dalam
bidang penyedia makalan camilan. Usaha ini merupakan salah satu wadah
kreativitas mahasiswa yang mempunyai satu keahlian hal makanan khususnya talas
yang dituangkan menjadi lapangan kerja. Karena usaha ini termasuk dalam
industri kuliner, dalam usaha ini sangatlah mengutamakan tingkat kekreatifan
dan kebersihan maknan tersebut terjaga, hal itu dikarenakan tingkat kepuasan
pelanggan dalam terhadap permintaan merupakan kunci keberhasilan ini. Keripik
talas yang ditawarkan merupakan keripik yang sudah menggunakan teknologi yang
cukup baik meskipun masih terdapat kekurangan disana-sini. Sehingga hasil
produk keripik talas kaya rasa memiliki hasil yang baik dan bergizi.
Perkembangan industri kuliner dewasa ini sangatlah pesat seiring dengan
berkembangnya teknologi. Semua masyarakat pasti membutuhkan makanan untuk bertahan
hidup. Target market dan market shared yang menjanjikan inilah yang mendasari
saya untuk mendirikan usaha Keripik Talas Kaya Rasa. Dengan promosi melalui
brosur, mulut ke mulut serta yang paling intensif sekarang ini melalui sosial
media. Sosial media pada era saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam
menunjang keeksisan dan pengenalan suatu produk. Selain itu melakukan
diversifikasi produk harga yang dapat bersaing dengan produk lain serta tempat
yang strategis membuat nilai positif
dalam perkembangan usaha ini. Dengan faktor pendukung yang sudah ada dan
ditunjang dengan keuangan yang memadai, usaha ini diharap nantinya memiliki
potensi yang sangat menjanjikan dan dapat tumbuh serta berkembang dengan baik.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR......................................................................... i
ABSTRAKSI......................................................................................... ii
DAFTAR ISI......................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN..................................................................... 1
A. Latar Belakang............................................................................ 1
B. Konsep Usaha............................................................................. 2
C. Visi Misi...................................................................................... 2
BAB II PROFIL PERUSAHAAN...................................................... 3
BAB III STRUKTUR ORGANISASI................................................ 4
A. Pemilik Usaha.............................................................................. 4
B. Kualifikasi Ketrampilan
dan Pendidikan.................................... 4
C. Jumlah Karyawan........................................................................ 4
BAB IV PRODUK USAHA................................................................. 5
A. Jenis dan Macam produk............................................................. 5
B. Peralatan Yang
Dibutuhkan........................................................ 6
C. Bahan Yang Digunakan.............................................................. 7
D. Proses Pembuatan........................................................................ 7
E. Keunggulan produk..................................................................... 10
BAB V ASPEK PEMASARAN.......................................................... 11
A. Peluang Usaha............................................................................. 11
B. Rencana Pencapaian.................................................................... 12
C. Target dan Segmentasi
Pasar....................................................... 12
D. Promosi dan pemasaran............................................................... 13
E. Luaran Yang Diharapkan............................................................ 13
F. Kegunaan ................................................................................... 13
G. Rencana Penjualan...................................................................... 13
BAB VI RENCANA KEUANGAN.................................................... 16
A.
Analisis Rencana Keuangan....................................................... 16
B.
Sumber Modal............................................................................ 17
BAB VII PENUTUP............................................................................. 18
A. Kesimpulan.................................................................................. 18
LAMPIRAN.......................................................................................... 19
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Rendahnya hasil produktivitas pertanian dalam
penanaman talas di Desa Colo Kabupaten Kudus mengakibatkan banyak masyarakat
yang mengeluh akibat penghasilan yang tak sepadan dengan modal penanaman. Hal
ini disebabkan karena masyarakat masih belum bisa mengembangkan kreativitasnya
sehinggga talas hanya dijual mentah dan matang yang berupa talas rebus begitu
saja dengan harga yang rendah. Ini disebabkan oleh pengetahuan masyarakat yang
kurang dan serba terbatas.
Dengan itu saya sangat ingin sekali bisa
membantu meningkatkan produktivitas pengolahan talas tersebut, tentunya untuk
kemakmuran bersama sehingga masyarakat merasa puas dengan penghasilan panennya.
Oleh karena itu saya ingin sekali membuat suatu kreativitas yang dapat membuat
pengolahan talas menjadi lebih meningkat harga penjualannya, saya terinspirasi
untuk membuat “Keripik Talas Kaya Rasa (Kriplas Kasa)”.
Cemilan keripik talas akan banyak diminati
oleh masyarakat jika keripiknya diolah dengan berbagai keunikan dengan
mengutamakan rasa, kualitas dan kekhasan makanan tersebut. Dengan demikian
meningkatnya kreativitas olahan talas dapat meningkatkan hasil produktivitas
masyarakat Desa Colo Kabupaten Kudus.
Usaha pembuatan keripik talas ini dipilih
karena keripik dikenal sebagai makanan fungsional, sebagai makanan yang
mengandung banyak karbohidrat dan bergizi tinggi, makanan atau yang biasa
disebut cemilan ini merupakan hasil ekstraksi dari talas yang di olah dengan
beberapa bahan pilihan yang kemudian ditaburi dengan bumbu penyedap ini sangat
baik untuk kesehatan terutama karena kandungan karbohidrat yang berfungsi
sebagai bahan pengenyang, yang berujung sebagai penambah asupan energy yang
dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas.
Untuk itu produk ini tampaknya perlu
diperhitungkan dalam menyusun pola menu sehari-hari bagi insan yang
memperhatikan kesehatan. Oleh karena itu
prospek usaha pengolahan hasil dari pertanian ini menjadi sebuah cemilan yang
cukup menjanjikan. Selain itu tingginya harga beberapa jenis cemilan sejenis
keripik menjadi peluang/ prospek usaha dengan menjadikan keripik talas menjadi
barang substitusi makanan ringan yang banyak mengandung lemak jahat yang
berujung pada kegemukan dan pada akhirnya terkena kolesterol.
Factor lain yang menjadikan usaha keripik
talas prospektif adalah mudah dalam pembuatannya. Dengan teknologi dan
peralatan yang sederhana, serta tidak diperlukannya keterampilan khusus,
siapapun dapat melakukan pengolahan talas menjadi cemilan keripik yang renyah
dan gurih.
B.
KONSEP USAHA
Usaha yang ingin saya rencanakan dan ingin saya
realisasikan ini adalah sebuah usaha yang bergerak dibidang kuliner yaitu bahan
dasarnya menggunakan talas. Usaha ini termasuk dalam industri makanan, dalam
usaha ini sangatlah mengutamakan rasa dan kandungan dalam talas itu tersendiri,
hal itu dikarenakan tingkat kepuasan dalam terhadap permintaan para pelanggan
merupakan kunci keberhasilan usaha ini. Keripik talas yang saya tawarkan
keripik talas yang sudah melalui beberapa inivasi yaitu mengenai beberapa
varian rasa yang menjadi unggulan yang saya tawarkan. Sehingga produk keripik
talas kaya rasa yang saya tawarkan berbeda dengan produk-produk kripik talas
pada umumnya.
C.
VISI MISI
Visi
memperkenalkan dan
mempertahankan kualitas produk makanan indonesia “kripik talas” yang mampu
menjadi makanan yang berkualitas menarik dan diterima oleh kalangan masyarakat
sebagai makanan cepat saji atau cemilan.
Misi
adapun misi yang saya
terapkan adalah
1.
memperkenalkan produk pada masyarakat luas
2.
memberikan kepuasaan pada pelanggan
3.
memanfaatkan bahan baku utama talas sehingga menjadi
makanan yang berkualitas
4.
mencari keuntungan dari modal yang kecil
5.
selain ingin mendapatkan keuntunga saya ingin mendapatkan
berkah dalam usaha ini. Di balik “berbisnis juga beramal”
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
NAMA PERUSAHAAN : KERIPIK TALAS KAYA RASA
Jenis usaha : Usaha bidang kuliner
LOKASI PERUSAHAAN : Keripik
talas kaya rasa berlokasi di desa Mlati Lor RT. 03 RW. 03 Kec. Kota Kab. Kudus
Kode Pos 59319
BAB III STRUKTUR ORGANISASI
A. PEMILIK USAHA
Usaha keripik talas kaya rasa ini didirikan dan
dimiliki oleh Deftendy Roynaldo, mahasiswa semester IV Fakultas Ekonomi
Universitas Muria Kudus.
B.
KUALIFIKASI KETRAMPILAN DAN PENDIDIKAN
Dalam kualifikasi ketrampilan dan pendidikan, saya
selaku pemilik menerapkan standart persyaratan kerja di perusahaan keripik
talas kaya rasa ini, yaitu :
·
Pria/Wanita
·
Pendidikan minimum SMA/SMK, dengan keahlian/bakat/jurusan
yang mengerti tentang makanan dan mesin operasional. Dengan rata-rata nilai
ijazah minimum 8.0
·
Dapat mengoperasikan komputer
·
Berpenampilan menarik, mempunyai etos kerja yang tinggi,
kreativ dan berinovasi.
·
Usia minimal 18 Tahun, maksimal 50 Tahun
C.
JUMLAH KARYAWAN
Dalam usaha ini untuk awal pendirian sekiranya
membutuhkan kurang lebih 2 orang karyawan, dan untuk kedepannya saya berharap
makin banyak karyawan yang bergabung dalam perusahaan yang saya dirikan yaitu
Keripik Talas Kaya Rasa. Untuk Job Descriptionsnya meliputi bagian
kasir/pelayan customers, bagian pembuatan keripik talas kaya rasa.
1.
Bagian Kasir/Pelayan Customers
Nama Karyawan : Deftendy
Roynaldo
2.
Bagian pembuatan
Nama Karyawan : Deftendy
Roynaldo dan Abdul Jalil
BAB IV PRODUK USAHA
A.
JENIS DAN MACAM PRODUK
Jenis atau macam produk yang dihasilkan oleh Keripik
Talas kaya Rasa meliputi :
1.
Keripik talas rasa
original
2.
Keripik talas rasa
balado
3.
Keripik talas rasa keju
4.
Keripik talas rasa
jagung bakar
5.
Keripik talas rasa extra
pedas
1.
TALAS
(Colocasia esculenta (L.) Schott )
Talas merupakan tanaman pangan
berupa herba menahun. Talas termasuk dalam suku talas-talasan (Araceae),
berperawakan tegak, tingginya 1 cm atau lebih dan merupakan tanaman semusim
atau sepanjang tahun. Asal mula tanaman ini berasal dari daerah Asia Tenggara,
menyebar ke China dalam abad pertama, ke Jepang, ke daerah Asia Tenggara
lainnya dan ke beberapa pulau di Samudra Pasifik, terbawa oleh migrasi
penduduk. Di Indonesia talas bisa di jumpai hampir di seluruh kepulauan dan
tersebar dari tepi pantai sampai pegunungan di atas 1000 m dpl., baik liar
maupun di tanam.
Di Indonesia, talas dikonsumsi
sebagai makanan pokok dan makanan tambahan. Talas mengandung karbohidrat yang
tinggi, protein, lemak dan vitamin.
Talas mempunyai nilai ekonomi
yang cukup tinggi. Umbi, pelepah dan daunnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan
makanan, obat maupun pembungkus. Daun, sisa umbi dan kulit umbi dapat
dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan ikan secara langsung maupun setelah
difermentasi. Tanaman ini mempunyai keterkaitan dengan pemanfaatan lingkungan
dan penghijauan karena mampu tumbuh di lahan yang agak berair sampai lahan
kering.
2.
UMBI
TALAS
Umbi Talas berbentuk silinder
atau lonjong sampai agak bulat. Kulitnya berwarna kemerahan, bertekstur
kasar dan terdapat bekas-bekas pertumbuhan akar. Sedangkan warna dagingya putih
keruh. Kandungan kimia dalam talas dipengaruhi oleh varietas, iklim, kesuburan
tanah, dan umur panen. Umbi talas segar sebagian besar terdiri dari air dan
karbohidrat. Kandungan gizi yang terdapat pada 100 gram umbi talas terdapat
dalam tabel berikut :
Tabel
1. Kandungan gizi talas
Kandungan
gizi Talas mentah Talas rebus
|
Energi
(kal) 120 108
|
Protein
(g) 1,5 1,4
|
Lemak (g) 0,3 0,4
|
Hidrat arang
total (g) 28,2 25,0
|
Serat (g) 0,7 0,9
|
Abu (g) 0,8 0,8
|
Kalsium
(mg) 31 47
|
Fosfor
(mg) 67 67
|
Besi (mg) 0,7 0,7
|
Karoten
total 0 0
|
Vitamin B1
(mg) 0,05 0,06
|
Vitamin C
(mg) 2 4
|
Air (g) 69,2 72,4
|
Bagian yang
dimakan (%) 85 100
|
Sumber
: Slamet D.S dan Ig.Tarkotjo (1980), majalah gizi dan makanan jilid 4, hal 26,
Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Depkes RI.
Umbi Talas mengandung banyak
senyawa kimia yang dihasilkan dari metabolisme sekunder seperti alkaloid, glikosida,
saponin, essensial oil, resin, gula dan asam-asam organik. Umbi talas
mengandung pati yang mudah dicerna kira-kira sebanyak 18,2% dan sukrosa serta
gula pereduksinya 1,42%.
3. KERIPIK TALAS
Keripik merupakan
salah satu makanan ringan yang memiliki peminat yang banyak. Hampir semua orang
mengenal dan menyukai keripik.
B.
PERALATAN YANG DIBUTUHKAN
Keripik
merupakan salah satu makanan ringan yang memiliki peminat yang banyak. Hampir
semua orang mengenal dan menyukai keripik. Adapun alat dan bahan serta
cara pembuatan keripik talas adalah sebagai berikut :
Peralatan
yang dibutuhkan dalam pembuatan keripik talas adalah kompor, kuali/penggorengan,
saringan air, saringan penggorengan, pengaduk, sendok, baskom, pisau, lap,
terpal, plastik,
parutan/kukuran.
C. BAHAN YANG DIGUNAKAN
·
Umbi talas 5 kg
·
Minyak goreng 1 kg
·
bumbu aneka rasa
. Garam secukupnya.
D.
PROSES PEMBUATAN
Proses dan Tahapan Produksi serta Operasi
·
Menyiapkan alat dan bahan.
·
Mengupas kulit umbi talas
kemudian mencucinya hingga bersih dan direndam dengan air yang ditambahkan
garam dapur (NaCl) selama 30 menit agar rasa gatal dari umbi talas dapat
dihilangkan kemudian ditiriskan.
·
Umbi talas yang sudah
ditiriskan kemudian diparut berbentuk lonjong/bundar dengan menggunakan
parutan/kukuran.
·
Kemudian hasil parutan
tersebut di taruh di nampan dan kemudian dikeringkan di bawah pancaran sinar
matahari kurang lebih selama 1 hari.
·
Setelah kering lalu diambil
dan bisa langsung digoreng.
·
Setelah selesai digoreng
lalu ditaburi bumbu dengan berbagai rasa.
g. Metode Pelaksanaan
Pelaksanaan
kegiatan usaha dilakukan di rumah. Umbi talas sebagai bahan baku dalam
pembuatan keripik talas kaya rasa diperoleh dari petani talas. Dalam pemilihan
bahan baku harus sangat diperhatikan agar kualitas produk dapat maksimal. Untuk
itu perlu dilakukan seleksi terhadap talas yang akan digunakan dalam pembuatan
keripik talas kaya rasa ini. Umbi talas yang dapat dijadikan sebagai bahan baku
produk adalah umbi talas yang masih segar dan dagingnya berwarna putih keruh.
Langkah-langkah pelaksanaan program sebagai
berikut :
a. Persiapan
bahan baku
Adalah
rangkaian kegiatan mulai dari pembelian bahan baku berupa umbi talas yang baik
dan segar dari semua varietas talas yang aman dikonsumsi, didapat dari petani
talas secara langsung. Selanjutnya bahan baku yang telah diperoleh kemudian
disortasi untuk menghilangkan bahan baku yang dianggap kurang baik untuk diolah,
misalnya terdapat cacat, busuk dan sebagainya.
b. Pengolahan
Tahapan
ini merupakan kegiatan mulai dari proses pengupasan bahan baku,
pencucian, pengirisan, hingga bahan baku siap untuk dilakukan pengolahan .
c. Pembuatan keripik talas kaya rasa
Merupakan
rangkaian proses pengolahan bahan mentah dari talas, selanjutnya diolah
menjadi keripik talas kaya rasa yang siap untuk dikonsumsi. Kemudian akan
diadakan beberapa uji untuk membuktikan apakah keripik talas kaya rasa ini baik
untuk dikonsumsi baik penelitian di laboratorium maupun menguji secara langsung
kepada masyarakat sehingga akan diketahui respon masyarakat terhadap produk
keripik talas kaya rasa ini.
d. Paket Teknologi
Produk dan Pengemasan
Dilakukan
untuk mengetahui tentang teknologi produk yang dihasilkan, perkiraan daya
simpan produk yang dihasilkan dan teknologi pengemasan yang sesuai dengan
produk guna mempertahankan mutu dan kualitas produk. Teori yang diberikan
berkaitan dengan sifat fisik dan karakteristik bahan, pengetahuan tentang
pengemasan dan labeling produk.
1.
Rencana persiapan
pelaksanaan
Rencana pelaksanaan yaitu reaktualisasi potensi dan
masalah, persiapan komunikasi dan konsolidasi tim serta menghubungi mitra
usaha. Lama waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan ini adalah kurang lebih satu
bulan.
2.
Reaktualisasi Potensi
dan Pesaing
Selang waktu antara usulan kegiatan, maka diperlukan data
aktual tentang potensi dan pesaing yang ada di Kudus yang menjalankan bisnis
yang sama dibidang kuliner yang bahan bakunya talas.
3.
Persiapan Administrasi,
Peralatan dan Komunikasi
Mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam kegiatan
administrasi, produksi dan alat komunikasi.
4.
Menghubungi Mitra Usaha
Mitra usaha berasal dari mereka yang mempunyai bisnis
yang berhubungan dengan usaha yang saya dirikan yaitu Keripik Talas Kaya Rasa (contohnya menjadi agen untuk penjualan
produk-produk dari keripik talas kaya rasa)
5.
Promosi
Promosi awal dilakukan dengan pembuatan brosur dan
menyebarkannya disekolahatau kampus dan pusat keramaian, serta melalui pesan
singkat berantai dan disebarkan kepada kolega yang akhirnya menjadi iklan dari
mulut ke mulut.
6.
Hasil Akhir Produksi
Produk keripik talas kaya rasa yang sudah jadi akan di
distribusikan kepada warung-warung yang sudah berkenan menjadi agen dan bekerja
sama dengan usaha yang saya dirikan yaitu keripik talas kaya rasa. Selanjutnya
para agen dapat membayarkan produk yang laku terjual selama 2 minggu setelah
produk dititipkan pada toko-toko tersebut.
7.
Evaluasi
Evaluasi dilakukan pada saat proses produksi selesai dan
2 minggu setelah pendistribusian produk kepada toko-toko dimana kita meminta
masukan dan saran dari agen dan konsumen apa yang kurang dari produk keripik
talas kaya rasa dan evaluasi menyeluruh dilakukan setiap 1 bulan sekali.
Rangkaian evaluasi ini berupa hal-hal teknis yang masih kurang atau perlu
diperbaiki lagi, dan evaluasi pelayanan pada pelanggan. Hal ini bentuk komitmen
saya terhadap kepuasan pelanggan agar tetap memilih produk kripik talas kaya
rasa sebagai pilihannya untuk camilan atau oleh-oleh.
E. KEUNGGULAN PRODUK
Produk kripik talas kaya rasa yang saya tawarkan ini
mempunyai suatu keunggulan, yaitu :
1.
Proses pengerjaan
keripik talas menggunakan alat yang cukup canggih sehingga hasilnya lebih rapi
dan inovatif dibandingkan dengan cara konvensional.
2.
Waktu pengerjaan relatif
cepat dan mudah hal ini tentu membuat waktu produksi dan hasil menjadi efisien
3.
Produk kripik talas kaya
rasa yang saya tawarkan terdapat beberapa varian rasa seperti barbeque, jagung
bakar, extra pedas, keju dll.
4.
Harga per bungkusnya
hanya Rp. 7500 konsumen sudah dapa menikmati kripik talaskaya rasa yang enak
dan bergizi
5.
Pelanggan bisa komplain
jikalau terdapat produk yang pas dan ada produk yang dirasa kurang di benak
para konsumen mereka dapat komplain karena komplain dan masukan dari para
pelanggan sangat penting untuk kemajuan usaha yang saya dirikan yaitu keripik
talas kaya rasa.
BAB V ASPEK PEMASARAN
A. Peluang Usaha
Produk
makanan berupa keripik telah banyak dikenal dan dikonsumsi masyarakat. Keripik
disukai oleh masyarakat berbagai usia baik anak-anak maupun dewasa, karena
rasanya yang enak, gurih dan renyah. Melalui inovasi berupa keripik talas aneka
rasa yang mengandung gizi yang tinggi serta rasanya yang enak dan gurih
diharapakan akan meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap keripik talas ini.
Talas
yang berlimpah di Desa Colo ini memudahkan dalam pencarian bahan baku utama
dari keripik talas aneka rasa ini. Selain itu harga bahan baku yang murah dan
terjangkau karena dalam suatu usaha memiliki prinsip mendapatkan keuntungan
yang sebesar-besarnya dari modal yang sekecil-kecilnya. Jadi dengan bahan baku
utama yang murah maka biaya produksi dapat diminimalisasi namun mendapat
keuntungan yang maksimal. Kelayakan dalam suatua usaha, tidak terlepas dari
berbagai faktor ketersediaan bahan baku, target konsumen, tingkat persaingan
produk sejenis, dll.
Berikut
adalah beberapa pertimbangan factor SWOT yang bisa ditemukan dalam menganalisis
keberlangsungan usaha KERIPIK TALAS KAYA
RASA (KILAS KASA). Dimana terdapat 4 faktor yang menjadi pertimbangan yaitu
kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunity), ancaman
(Threath) adalah sebagai berikut :
Tabel.
Faktor SWOT usaha pembuatan kerupuk talas ebi.
FAKTOR
SWOT Usaha pembuatan
keripik talas kaya rasa
Kekuatan
(Strength) ·
Harga produk yang murah ·
Bahan Baku yang melimpah ·
Keunikan produk ·
Kesukaan konsumen akan produk ·
Umur simpan Produk yang panjang
Kelemahan (Weakness) ·
Kurangnya ipromosi ·
Kemungkinan kemasan yang kurang menarik
Peluang
(Opportunity) ·
Kesempatan biaya produksi murah ·
Peluang pasar di Bengkulu ·
Kesempatan menguasai pasar
Ancaman
(Threath) ·
Standarisasi mutu ·
Kemungkinan pesaing skala besar ·
Perubahan selera masyarakat
B.
Rencana Pencapaian
Perencanaan
menajemen yang digunakan adalah general partnersip yaitu semua anggota ikut
secara aktif mengoperasikan bisnis serta bersama-sama bertanggung jawab,
termasuk tanggung jawab yang tak terbatas terhadap hutang-hutang bisnis. Namun
dalam pelaksanaan teknis ada pembagian tugas masing-masing sesuai kesepakatan
bersama. Selain itu akan diadakannya kerjasama dengan beberapa pedagang skala
menengah ke bawah dan tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan
pengusaha skala atas untuk membantu memasarkan produk keripik talas kaya rasa
ini sehingga dapat dengan cepat dikenal dan diminati oleh masyarakat.
C.
TARGET DAN SEGMENTASI
PASAR
Profil Target Konsumen
1. Masyarakat yang sedang berlibur di tempat wisata
dimana masyarakat sedang berwisata pasti membutuhkan camilan untuk menikmati
suasana wisata tersebut, apalagi keripik talas kaya rasa merupakan makanan
ringan yang simpel untuk dibawa bepergian.
2. Pelajar sekolah/mahasiswa yang sedang mengadakan acara-acara sekolah/kampus
tentu memerlukan snack untuk tamu dll.
3. Masyarakat umum tentu membutuhkan makanan ringan
untuk sekedar ngobrol atau pada saat menonton tv.
Gambaran Umum
Masyarakat Sasaran
Adapun
masyarakat yang akan dijadikan sasaran dalam pemasaran produk keripik talas
kaya rasa ini adalah masyarakat yang ada di Kabupaten Kudus terutama pada
daerah :
1. Masyarakat yang tersebar di sekitar kampus
dan kompleks perumahan Universitas Muria Kudus.
2.
Mahasiswa dan dosen di kampus UMK.
3.
Warung-warung makanan yang tersebar di Kabupaten Kudus.
4.
Para pedagang makanan khas kota Kudus yang tersebar di pasar-pasar
tradisional di Kabupaten Kudus seperti pasar Jetak, pasar Kliwon, pasar Bitingan,
dll.
D.
Promosi dan Pemasaran
Setelah
keempat paket kegiatan diatas selesai dilaksanakan maka akan dilakukan promosi
dan pemasaran yang akan dilakukan dengan beberapa cara yaitu langsung dijual
kepada konsumen dan toko-toko yang banyak dikenal masyarakat atau toko-toko
yang telah berkompeten dalam bidang pendistribusian makanan serta langsung
menuju masyarakat sasaran yang telah ditentukan.
E.
LUARAN YANG DIHARAPKAN
Melalui
kegiatan ini diharapkan, talas dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga
dapat meningkatkan nilai ekonomisnya dengan dihasilkan barang komersial serta
dapat menjadi salah satu peluang usaha yang memiliki prospek yang baik dan
dapat meningkatkan kesejahteraan.
F.
KEGUNAAN
Kegunaan diadakannya kegiatan program ini adalah untuk:
1.
Membangun jiwa wirausaha bagi mahasiswa, sehingga dapat melihat peluang
dan memanfaatkannya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.
2.
Memanfaatkan talas sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.
3.
Membuka peluang usaha bagi masyarakat yang ingin menciptakan lapangan
kerja.
G.
RENCANA PENJUALAN
1.
Tahap Promosi Produk
Media-media promosi produk ini yaitu melalui :
·
Selembaran/Brosur
Membuat selembaran untuk dibagikan di tempat-tempat
yang biasanya dikunjungi masyarakat atau tempat keramaian seperti di sekitar
kampus, di toko-toko fotocopy, Indomaret/Alfamart dan lain-lain, dengan cara
memberikan penawaran berupa diskon untuk memperkenalkan hasil produksi.
·
Promosi Langsung (word
of mouth)
Menggunakan teknik word of mouth (mulut ke mulut), pemberian dari teman ke teman yang
lain mengenai usaha yang dijalankannya, minta referensi dari pelanggan yang
biasanya mengkonsumsi produk yang serupa, serta dengan melakukan pendekatan
melalui pengelola instansi atau sekolah serta memberikan berupa bonus bagi yang
dapat memasarkan produk sesuai ketentuan.
·
Melalui Sosial Media atau Internet
Mengirim postingan/kiriman/memasang iklan di
facebook, instagram serta di media lainnya mengenai jasa yang ditawarkan
2.
Target atau Rencana Pemasaran
Rencana penjualan selama 1 Tahun adalah terjualnya
produk sebanyak-banyaknya. Adapun target saya menjadikan beberapa tahap
pencapaiansetelah melihat segmen yang saya bidik :
a.
Triwulan pertama :
·
Pendekatan ke organisasi kemahasiswaan dan kemasyarakatan
·
Membangun brand Keripik Talas Kaya Rasa
·
Promosi ke sekitar kampus
b.
Triwulan kedua dan ketiga :
·
Pendekatan ke instansi
·
Mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
c.
Triwulan keempat dan kelima :
·
Memperbaiki target triwulan pertama, kedua, ketiga dan meningkatkanna
lagi.
·
Memperkuat brand Kripik Talas Kaya Rasa.
·
Pendekatan ke instansi dan perusahaan.
·
Mempertahankan pelanggan
d.
Triwulan keenam
·
Mempertahankan triwulan pertama sampai kelima dan
meningkatkannya.
·
Mempertahankan pelanggan
·
Brand Keripik Talas Kaya Rasa benar-benar kuat di kawasan
Kudus dan sekitarnya.
·
Persiapan modal untuk penambahan peralatan dan
pegembangan usaha.
Adapun strategi yang
ingin saya terapkan, yaitu :
A.
Diversifikasi Produk
Mencoba menghadirkan menghadirkan bisnis yang
berbeda dengan bisnis-bisnis yang sudah ada sebelumnya, yaitu dengan melakukan
inovasi melalui tampilan dan aneka rasa keripik talas yang tidak hanya kratif,
tetapi juga enak rasanya dan bergizi yang memiliki nilai jual (ekslusif),
inovasi dalam bagian pemesanan yang biasanya konsumen bingung mencari dimana
produk tersebut dijual kini mereka dapat dengan mudah mendapatkan Kripik Talas
Kaya Rasa di berbagai tempat. Dengan inovasi tersebut diharapkan Keripik Talas
Kaya Rasa dapat dikenal masyarakat luas dan mempunyai prospek yang menjanjikan
kedepan.
B.
Tempat
Memilih tempat-tempat yang strategis karena
dikelilingi instansi-instansi, sekolah-sekolah, pusat keramaian, pertokoan dan
cukup dekat dijangkau dengan permukiman masyarakat.
C.
Strategi Pelayanan
·
Melayani pesanan dan antar pesanan melalui sosmed seperti
telepon/wa/email/direct message via
sosmed.
·
Menyediakan kotak saran pada kantor atau outlet-outlet
Keripik Talas Kaya Rasa hal itu bentuk komitmen saya bahwa pelayanan pada
konsumen adalah yang utama
·
Memberikan diskon produk kepada konsumen (syarat dan ketentun berlaku)
·
Barang yang basi pada saat berada di toko-toko akan di
retur, dengan begitu mitra usaha tidak kapok untuk diajak kerja sama.
·
Pembayaran toko-toko yang menjadi mitra usaha Keripik
Talas Kaya Rasa bisa dilakukan secara langsung dengan datang Kantor Keripik
Talas Kaya Rasa atau bisa juga melalui transfer.
·
Biaya rendah, strategi ini bukan mengurangi margin laba
tetapi saya mencoba untuk mempertahankan pelanggan lama agar tidak berpindah ke
produsen lain (mengikat pelanggan)
BAB VI RENCANA KEUANGAN
A. Analisis Rencana Keuangan
Dalam mengembangkan usaha di bidang kuliner Keripik Talas Kaya Rasa ini diperlukan berbagai mesin dan peralatan
yang memadai dalam rangka menunjang keberlangsungan usaha, yaitu :
Modal Awal
|
|
Kebutuhan
|
Harga
|
Laptop
Umbi talas
|
Rp 10.000.000
Rp.
150.000
|
Mesin printer
|
Rp. 2.000.000
|
Minyak goreng
|
Rp.
15.000
|
Bumbu aneka rasa
|
Rp.
100.000
|
Kompor
Kuali
Pisau
Saringan air
Saringan penggorengan
Pengaduk
Sendok
Baskom
Sapu tangan
Terpal
Plastik
Parutan
Nampan
|
Rp.
250.000
Rp
100.000
Rp
25.000
Rp
15.000
Rp
20.000
Rp.
15.000
Rp.
35.000
Rp.
25.000
Rp.
15.000
Rp.
250.000
Rp.
15.000
Rp.
25.000
Rp.
25.000
|
Total
|
Rp. 13.100.000,-
|
·
Biaya operasional per bulan
Bahan baku (umbi talas dll) + ongkir Rp. 675.000,-
Gaji pegawai Rp. 1.250.000,-
Listrik Rp. 80.000,-
Tinta print Rp. 100.000,-
Transportasi Rp. 100.000,-
Total Rp.
2.255.000,-
·
Omzet per bulan
Kripik talas 500
buah x Rp. 7.500,- Rp. 3.750.000-
Total
Rp. 3.750.000,-
·
Laba bersih per bulan
Rp3.750.000– Rp. 2.255.000,00 :
Rp. 1.495.000,-
·
BEP
(Modal awal : Laba bersih per bulan) Rp. 13.100.000,- :
Rp. 3.370.000,- = 1,5 bulan
B.
SUMBER MODAL
Sumber modal awal pendirian usaha ini yaitu dengan
melakukan pinjaman pada Bank/Koperasi.
BAB VII PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Keripik Talas Kaya Rasa merupakan usaha bisnis yang
yang terpercaya dan berorientasi pada kepuasan konsumen dan permintaan
pelanggan. Selain itu Keripik Talas Kaya Rasa juga selalu berpegang teguh pada
visi misi yang tertera diatas, yang intinya Usaha yang saya dirikan yaitu
Keripik Talas Kaya Rasa untuk menjadi usaha industri kuliner yang kreatif,
inovatif, selalu up to date dan bonafide. Harapan saya dengan komitmen Keripik
Talas Kaya Rasa itu sendiri ditambah peluang pasar yang selalu terbuka dan
permintaan yang selalu meningkat, saya yakin bisnis ini dapat fleksibel dan selalu
ikut andil dalam kemajuan industri kuliner di Indonesia dan menjadi penyumbang
perekonomian di Indonesia.
BAB VIII LAMPIRAN
A.
IDENTITAS KTP PEMILIK
USAHA
Gambar KTP :
B. DENAH LOKASI KANTOR
Lokasi Kantor Kripik Talas Kaya Rasa :
C.
BAHAN-BAHAN YANG
DIGUNAKAN :
A. BROSUR KERIPIK TALAS
KAYA RASA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar